Saturday, June 24, 2006

Dunia Anak Anak

Tiap kali lihat postingan yang mengulas soal anak2, rasanya hati nih gimana gitu. mau ikut kasih komen kok ya bukan dunia saya, mau gak komen kok ya kadang ada perasaan gak enak deh, kok apatis amat ama dunia anak2.....

Sebenernya saya ada satu kelemahan, gak suka ama anak kecil, gak fans ama yang namanya anak kecil itu, biasanya dari bayi sampai kira2 dia usia akhir SD, kalau sudah mulai bisa interaksi seperti anak2 SMP , udah mulai saya bisa berkomunikasi dengan mereka, walau secara minimal.

Kalau yang masih kecil2 waduh sebetulnya saya bingung mau ngomong apa ya ? Kadang saya malu hati juga dengan teman2 terutama yang belum ngerti saya, kok kalau datang bertamu biasanya anaknya saya cuekin aja, kalau toh negur ya paling basa basi aja abis gak enak ama ortunya. Apalagi nengok bayi, waduh kalau asli dari hati sih gak bisa saya bilang bayi itu lucu.... apanya sih yang lucu ? tapi ya basa basi , bisalah saya berkomentar aduh lucu ya bayinya.....( tapi tetap muka tegang, susah sih berpura2 itu).

Sampai ada guyonan diantara teman2 yang ngerti, kalau mau bikin saya kurus gampang titipin aja anak kecil ketempat saya niscaya gak lama saya bisa cepet kurus deh.....
Gak bisa deh kompromi ama hati ini, mbok ya belajar lihat lucunya bayi atau lucunya anak2 kecil.....aneh banget kok kaku betul sih hati ini....

Entah apa asal muasalnya saya gak gitu fans ama anak2, tapi yang pasti saya inget waktu saya masih SD dulu, kebetulan kan adik2 saya jauh beda umurnya dengan saya, 6 tahun , 7 tahun dan 8 tahun beda umur denganku.
Lalu suatu hari ibuku bilang coba deh tolong jagain adik2 ini....dan apa jawabku ? "yee yang punya anak siapa yang suruh jaga kok saya ????" Kebayang gak jawaban anak SD pada saat itu.

Sayangnya perasan gak suka anak2 kecil itu sebetulnya kalau orang tua nyadar mungkin masih bisa sedikit di eliminasi tapi mungkin ortu saya karena sibuk dengan adik2 balita yang berurutan umurnya itu, sifat yang satu ini gak sempet ketanganan. Berakhirlah sampai sekarang ini saya kurang fans ama anak kecil. Maaf bukan saya nyalahkan ortu tapi saya sendiri juga gak ngerti kenapa hal ini sampe luput dari perhatian ortuku ya ?

Waktu pertama menikah , ada ketakutan dalam diri ini gimana kalau saya harus punya anak ? apakah saya bisa ngurusnya dengan baik mengingat saya tuh gak suka ama anak2 kecil ?Dan memang kami sempet 5 tahun kosong, itu juga kalau gak "kebobolan" kemungkinan besar si buah hati ini gak akan datang lebih awal.....

Untung juga suami gak gitu nuntut saya harus segera punya anak, walau mertua dan sanak saudara udah gregetan kok kami nih gak punya2 anak, juga setelah anakku lahir pada saat Bamby diumur 8 bulan, suami dengan sukarela "vasektomi" untuk mencegah secara permanen saya hamil kembali, hal ini yang membuat saya sangat2 berhutang budi pada suami.

Bayi pertama yang saya gendong adalah anakku, dan selagi anakku ini balita rasanya aneh aja dihati, tapi demi mengingat bahwa anak adalah titipan Allah, saya coba untuk mengabdikan seluruh hidup saya untuk anak saya, saya juga keluar dari kerjaan dan mengurus anak full time, karena kebetulan kami harus pindah ke Bontang, jadi memang sudah itu suratannya bahwa saya harus full time ngurus anak.

Banyak teman yang ngatain, "nah akhirnya kan seneng juga punya anak....?
Lha ya kalau saya gak seneng apa gak tambah salah ? Bukannya bersyukur bahwa akhirnya dengan anak sendiri saya berusaha menekan rasa yang ada pada diri ini, karena perasaan gak gitu suka ama anak tetap melekat pada diri, sulit sekali saya menekan perasan ini.

Alhamdulillah sejalan dengan waktu, anakpun mulai besar, mulai bisa berinteraksi, dan mulailah terasa kedekatan ama Bamby, yang sejak SMP sudah bisa terbina hubungan yang "tulus" dari mamanya, hingga saat ini. Dan kedekatan ini ternyata bisa sangat tulus dan sangat akrab, hingga bila saya mengenangnya selalu berurai air mata, betapa banyak saya kehilangan kesempatan untuk mencintai anakku, kenapa baru saat dia besar baru terasa bahwa saya ternyata sangat mencintai Bamby. Dan sedihnya tahun depan saya akan melepas Bamby untuk kuliah.....

Tapi juga sejalan dengan itu, anak yang beranjak dewasa, perasaan gak suka anak kecil mulai lagi tumbuh kembali, dan ternyata saat ini saya menjadi sadar kembali, kenapa ternyata saya gak bisa seperti ibu2 yang lain ?

Saat seorang teman posting mengenai kejahatan sang pengasuh pada anaknya, komen saya malah bukan mengenai anaknya melainkan mengenai sang tkwnya, pada saat teman memuat gambar anaknya, I am speechless, gak tau harus komen apa ?

Gak ngerti deh, gimana harus berbuat untuk mengeliminasi perasaan ini. kayaknya penting banget abisnya dilingkungan ku sekarang ini, lingkungan ibu2 muda yang umumnya anaknya balita atau masih kecil2, dan setiap acara dirumah kami selalu dibawa.
Sebenernya bikin pening betul, kadang sampai habis akal saya dibuatnya lihat mereka lari2, teriak2, dan aneh2 lagi kelakuannya, yang mungkin wajar buat orang yang fans ama anak2....

Kadang udah gak tahan lagi sebetulnya tapi mau gimana lagi?
Memang perlu perbaikan dari dalam diri saya....mudah2an ada jalan untuk saya.

Rasanya kemana saya pergi disitulah saya ketemu anak2.....
Dan kewajaran hidup didunia ini memang orang tua dan anak2 sejalan.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home